Tangkap Kapal Pencuri Ikan Terbesar, KKP Sebut Pengusaha Rakus

Kompas.com - 14/01/2015, 15:15 WIB
Kapal berbendera Panama, MV Hai Fa DOKUMENTASI KEMENTERIAN KELAUTAN dan PERIKANANKapal berbendera Panama, MV Hai Fa
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menangkap kapal pencuri ikan terbesar dalam sejarah kekautan Indinesia yaitu MV Hai Fa yang berkapasitas 4.306 gross ton. Dirjen Pengawasan Sumber Daya Laut Asep Burhanuddin KKP mengecam pengusaha kapal tersebut. Bahkan, dia menyebut pengusaha itu adalah pengusaha rakus.

"Jadi ini tindakan pelaku usaha yang rakus, di mana ngambil saat natal dan tahun baru, tetapi ternyata dia kecele," kata Asep di KKP, Jakarta, Rabu (14/1/2015).

Lebih lanjut kata dia, saat kapal itu saat ditangkap membawa 900,7 ton ikan dan tak memiliki surat laik operasi (SLO). Dia menjelaskan awal mula penangkapan kapal itu dari laporan kapal pengawas.

Lalu, laporan tersebut langsung disampaikan kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) dan langsung ditindak penangkapan.

Sebelumnya, Patroli Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersama TNI-AL berhasil mengamankan kapal raksasa berbendera Panama, MV Hai Fa.

Kapal berkapasitas 4.306 gross ton (GT) tersebut diamankan ketika merapat di Pelabuhan Wanam, Merauke, pada Sabtu (27/12/2014).

kapal yang mengangkut 900.702 kilogram ikan campuran dan udang beku dikawal (diadhoc) menuju dermaga Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon. Asep mengatakan, kapal MV Hai Fa tersebut berawakkan 23 ABK berkewarganegaraan Tiongkok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

baca juga:
KKP Tangkap Kapal Pencuri Ikan Terbesar dalam Sejarah IndonesiaDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.