Kompas.com - 16/01/2015, 09:41 WIB
Mentan Amran Sulaiman KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIMentan Amran Sulaiman
|
EditorErlangga Djumena

KLATEN, KOMPAS.com – Menteri Pertanian Amran Sulaiman optimistis Indonesia bisa mengekspor beras ke luar negeri, setelah selama ini lebih sebagai pengimpor salah satu bahan pokok tersebut.

“Kita akan bikin serang balik dari Indonesia. Kita akan kirim ke luar negeri,” ucap Amran saat blusukan di Desa Glagahwangi, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Kamis (15/1/2015).

Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan hal itu, Amran akan mengalokasikan anggaran Kementerian Pertanian untuk petani, di antaranya untuk wilayah Klaten. Namun, syaratnya, produksi beras di Klaten harus meningkat 30 persen tahun ini.

“Rojolele organik ini ada 3.000 hektar optimasi. Benih, pupuk, alsintan (alat, mesin, pertanian) gratis untuk Klaten saja,” kata Amran.

Menurut Amran, Rojolele yang dulunya terkenal sebagai berasnya orang berada, dan kini dibanderol Rp 25.000 per kilogram, menjadi andalan Klaten.

Selain memberikan benih, pupuk, dan alsintan gratis, Amran mengatakan Kementerian Pertanian juga akan merevitalisasi jaringan irigasi untuk 4.000 hektar. Amran menargetkan peningkatan produksi 30 persen bisa dicapai dalam waktu 1-1,5 tahun.

“Dan kalau bapak menyelesaikan irigasi ini, kami akan tambah 2.000 hektar. Jadi, 6.000 hektar,” ucapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Amran menambahkan, Kementerian Pertanian juga akan memberikan 20 alat atau mesin menanam padi (transplanter) dan 24 handtractor. “Kalau bapak betul-betul mencapai 30 persen, kami janji 400 persen handtractor kami naikkan,” kata dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku target yang diberikan Kementerian Pertanian memang cukup berat. Namun begitu, dia yakin semua akan terasa ringan jika ada kemauan dan semua pihak bisa menghilangkan sikap ego-sektoral.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.