Libatkan Babinsa, Kuningan Mulai Perbaiki Irigasi untuk 8.600 Ha Sawah

Kompas.com - 19/01/2015, 20:00 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Kuningan memulai peletakan batu pertama program rehabilitasi irigasi tersier yang dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan). Tak lupa, Babinsa pun dilibatkan dalam acara tersebut.

Bupati Kuningan Utje Ch. Hamid Suganda mengaku optimis mampu meningkatkan produktivitas pertanian Kabupaten Kuningan dengan perbaikan irigasi tersebut. Bahkan, dia menargetkan Kuningan mampu menjadi daerah supplier beras bagi berbagai daerah di Jawa Barat.

"Kita akan dukung pemerintahan Pak jokowi dan Pak JK. Insaallah Kuningan jadi supplier beras untuk daerah lain," ujar Utje di Kuningan, Jawa Barat, Senin (19/1/2015).

Dia mengatakan bahwa program irigasi tersebut mencakup area 8.600 hektar. Menurut dia perbaikan irigasi yang dicanangkan pemerintah sangatlah baik lantaran kerusakan irigasi di Kabulaten Kuningan mencapai 48 persen.

Sementara itu, Komandan Kodim 0615 Kuningan Letkol Dindin Kamaludin mengatakan akan membantu penuh pemerintah Kabupaten Kuningan dalam meningkatkan produktivitas beras. Saat ini kata dia ada 294 babinsa yang sudah diberi pelatihan pertanian.

"Mereka sudah dibekali pelatihan di provinsi. Di Kodim Kuningan ini satu babinsa akan membawahi satu sampai dua desa," kata Dindin.

Dindin menjamin bahwa para babinsa tersebut mampu bertugas dengan baik di sektor pertanian. Pasalnya, para babinsa tersebut sudah mengikuti berbagai pelatihan.

Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan, luas lahan baku pertanian 28.686 hektar. Pada tahun 2014, tercatat peosuksi padi Kuningan sebesar 376.509 ton. Di Jawa Barat, Kuningan menempati urutan ke-11 dalam hal produktivitas pertanian. Sementara dalam urusan kontribusi pertanian, Kuningan menempati posisi ke-15 di Jawa Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.