Kompas.com - 20/01/2015, 07:45 WIB
Bob Sadino, Pengusaha pemilik Kem Chicks Kompas/Arbain RambeyBob Sadino, Pengusaha pemilik Kem Chicks
EditorHindra Liauw

JAKARTA, KOMPAS.com - Bob Sadino, pengusaha agrobisnis sukses, meninggal dunia pada Senin (19/1/2015). Semasa hidup, ia tak segan-segan berbagi pengalamannya menggeluti dunia usaha.

Salah satu yang melekat adalah ketika kasus penggelapan dana oleh sebuah perusahaan agribisnis di Jawa Barat mencuat pada awal tahun 2000-an. Saat itu, bos perusahaan agribisnis tersebut membawa kabur uang investor hingga miliaran. Awalnya, pelaku menjanjikan laba kepada para investor asalkan mereka bersedia menyetorkan sejumlah uang ke rekening tertentu

Saat itu, almarhum Bob mengatakan, hal tersebut adalah pembodohan otak.

"Tulis saja itu, biar saja saya dikatakan ngomong kasar. Orang Indonesia itu harus dikasari dulu supaya bisa berubah," kata Bob kepada Kompas pada tahun 2002.

Ia telah memberi peringatan dini kepada semua pihak soal investasi agrobisnis dengan sistem bagi hasil yang marak terjadi pascaterjadinya krisis ekonomi. Bob menyesal karena tidak bisa berteriak lebih keras lagi saat itu, sehingga kasus itu muncul dan menelan korban ribuan investor pejabat, hingga pensiunan.

Bob menyebutkan, usaha agrobisnis dengan sistem bagi hasil itu hanya merupakan "pembodohan otak, pembutaan mata, penulian telinga, dan pemberangusan mulut." Orang tidak pernah mengalami jatuh bangun dalam agrobisnis, tetapi malah diajak bermimpi untuk mendapat uang berlipat.

"Saya berbicara keras dalam arti waktu itu mengingatkan orang untuk berhati-hati. Tiga tahun lalu saya sudah memberi peringatan dini, bahkan saya bertemu dengan orang-orang yang mendirikan usaha bagi hasil itu," ujar Bob.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kasus itu dinilai Bob, ibarat nasi sudah menjadi bubur. Ia mengakui, tidak mempunyai solusi terhadap kasus itu namun yang bisa dilakukan adalah mencegahnya. "Kalau ada orang menanyakan solusinya, saya akan mengatakan tidak tahu. Akan tetapi, yang bisa saya katakan adalah bagaimana mencegah agar kejadian itu tak terulang," katanya.

***

KOMPAS/SUBUR TJAHJONO Bob Sadino, Pemilik Supermarket Kem Chicks
PENGUSAHA yang sudah makan asam garam di sektor agrobisnis ini kembali menyebutkan, tidak ada dalam usaha agrobisnis yang bermodal duduk dan berpangku tangan. Untuk itu, tawaran berinvestasi dalam agrobisnis yang hanya menyebut "sukses" dan "untung" sudah selayaknya ditinggalkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.