Kurangi Perbedaan Harga di Indonesia Timur, Jonan Usulkan Angkutan Kargo Berjadwal

Kompas.com - 21/01/2015, 14:04 WIB
Menteri Perhubungan Ignasisu Jonan didampingi Gubernur Maluku, Said Assagaf dan sejumlah pejabat daerah Maluku, saat melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Petikemas Ambon, Jumat (26/12/2014) sore tadi. KOMPAS.com/ RAHMAN RAHMAT PATTYMenteri Perhubungan Ignasisu Jonan didampingi Gubernur Maluku, Said Assagaf dan sejumlah pejabat daerah Maluku, saat melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Petikemas Ambon, Jumat (26/12/2014) sore tadi.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengusulkan agar dibuat skema pelayaran barang berjadwal (freight liner), untuk mengurangi disparitas harga barang khususnya di kawasan timur Indonesia.

“Kami akan mendorong adanya freight liner, angkutan barang terjadwal. Saat ini tidak ada freight liner di timur, baru ada di barat,” kata Jonan, di rapat badan anggaran DPR-RI, Rabu (21/1/2015).

Jonan menuturkan, harga barang di wilayah timur Indonesia amat bergejolak karena pasokan yang seret. Pasar selalu menunggu-tunggu kapan barang-barang kebutuhan pokok kembali terdistribusi. Hal ini disebabkan tidak adanya angkutan barang dengan kapal yang berjadwal.

“Sekarang kita usulkan Pelni mendapatkan subsidi perintis untuk kargo, supaya harga barang-barang di timur itu turun. Jadi, freight liner di timur itu penting sekali,” kata dia.

Lebih lanjut dia bilang, untuk pembangunan kapal besar berukuran 10.000-20.000 GT pemerintah tidak akan memberikan dukungan anggaran pada Pelni.

“(untuk kapal kargo itu) Pelni suruh sewa kapal. Kita kasih subsidi perintisnya saja. Sehingga tidak perlu investasi,” ucap Jonan.

baca juga: Jonan Ungkap Detik-detik Terakhir AirAsia QZ8501 Hilang KontakDapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.