Kompas.com - 23/01/2015, 13:28 WIB
Proses flotasi atau pengapungan mineral tambang, seperti tembaga, emas, dan perak. Proses itu dilakukan untuk memperoleh konsentrat yang terdiri dari tembaga, emas, dan perak. Konsentrat itu kemudian dialirkan ke Pelabuhan Amamapare, dikeringkan, dan kemudian dikirim ke pabrik-pabrik pengecoran. KOMPAS/B JOSIE SUSILO HARDIANTOProses flotasi atau pengapungan mineral tambang, seperti tembaga, emas, dan perak. Proses itu dilakukan untuk memperoleh konsentrat yang terdiri dari tembaga, emas, dan perak. Konsentrat itu kemudian dialirkan ke Pelabuhan Amamapare, dikeringkan, dan kemudian dikirim ke pabrik-pabrik pengecoran.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Lokasi pembangunan fasilitas pemurnian bijih mineral (smelter) milik PT Freeport Indonesia belum pasti. Menurut Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), R Sukhyar, kepastian lokasi smelter tersebut akan menentukan kelanjutan ekspor Freeport.

“Nanti kita lihat lah. Ini kan hasilnya belum ada. MoU antara Freeport dan Petrokimia belum ada kejelasan. Mereka masih berunding di Minerba (Kantor Ditjen Minerba),” ujar Sukhyar ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (23/1/2015).

Sukhyar menuturkan, dalam draft MoU yang diterima pemerintah, lahan smelter Freeport ditetapkan di lahan milik PT Petrokimia Gresik. Namun, belum ada kejelasan mengenai kepemilikan lahan, apakah jual-beli atau sewa (leasing).

Di sisi lain, dia bilang, pembangunan smelter membutuhkan waktu. Adapun tenggat waktu yang diberikan pemerintah adalah tahun 2017. Sukhyar mengatakan, pemerintah akan terus memonitor perkembangan pembangunan smelter tiap semester, seperti dari indikator serapan dana dan sebagainya.

“Kita mengharapkan Freeport, Freeport juga mengharapkan pemerintah. Kita harapkan hasilnya baik, utamanya untuk kepentingan Indonesia,” kata dia. Sayangnya, Sukhyar enggan memastikan bahwa izin ekspor Freeport dibekukan jika tidak ada kesepakatan soal lokasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.