Untuk Smelter, Freeport Pastikan Sewa Lahan Petrokimia Gresik

Kompas.com - 24/01/2015, 15:15 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Freeport Indonesia memastikan menggunakan lahan milik PT Petrokimia Gresik seluas 80 hektar dengan sistem sewa (leasing). Presiden Direktur Freeport Maroef Sjamsoeddin menuturkan, keputusan tersebut untuk menunjukkan komitmen Freeport kepada pemerintah terkait lokasi fasilitas pemurnian bijih mineral (smelter).

“Sudah ditentukan (lokasinya) ada di sebelah Petrokimia, dan pas juga berdampingan dengan existing smelter yang sudah ada (Smelting Gresik). Luasnya lebih kurang 80 hektar,” kata Maroef kepada wartawan di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (23/1/2015).

Menurut Maroef, nilai sewa lahan Petrokimia tersebut berbeda dari rencana kerjasama jual-beli asam sulfat, side product Freeport yang akan dimanfaatkan oleh Petrokimia Gresik.

Mengenai kerjasama itu, Maroef menyampaikan, tim Freeport tengah melakukan negosiasi.

Ditemui dalam kesempatan sama, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), R Sukhyar menyampaikan, dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Freeport dengan Petrokimia, Freeport akan menyewa (leasing) lahan milik Petrokimia Gresik dengan nilai 8 dollar per meter persegi.

Sukhyar juga mengatakan, sudah ada kesepatakan untuk memperkuat transaksi tersebut. “Ada dana kesungguhan (comitment fee) 130.000 dollar AS, itu 2 persen dari nilai leasing per tahun,” ujar Sukhyar.

Sukhyar menuturkan, untuk memperjelas perkembangan smelter, pemerintah memfasilitasi Freeport dan Petrokimia Gresik untuk melakukan perundingan. Kedua belah pihak berunding di Kantor Direktorat Jenderal Minerba, Kementerian ESDM, Jumat siang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.