Kompas.com - 29/01/2015, 14:32 WIB
|
EditorCaroline Damanik

DENPASAR,KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan bahwa semangat nasionalisme yang tinggi sangat diperlukan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Tidak hanya cinta produk dalam negeri saja, tetapi juga harus menggunakannya.

"Mari kita pupuk jiwa nasionalisme di dalam menghadapi MEA ini. Mari kita gunakan produk Indonesia. Pasar kita luar biasa, 250 juta. Jangan sampai produk luar negri membanjiri Indonesia. Bagaimana kita menggelorakan semangat menggunakan produk Indonesia,” kata Puspayoga di acara Seminar Outlook Ekonomi 2015, Denpasr, Bali, Kamis (29/1/2015).

Mantan wakil gubernur yang akrap dipanggil “Ajung” (sapaan laki-laki ber-kasta di Bali) ini juga menyampaikan bahwa sampai saat ini masih banyak barang yang diimpor dari luar negeri. Untuk menghadapi MEA, menurut dia, masyarakat harus membangun fondasi kuat salah satunya mengurangi impor dan menambah ekspor.

“Bagaimana cara kita mengurai impor tetapi memperbesar ekspor kita. Kita tidak perlu berkecil hati, kita hadapi MEA ini dengan semangat nasionalisme dan profesionalisme. Nah, bagaimana produk kita itu mempunyai standar nasional,” tambahnya.

Dia juga menyampaikan bahwa kementerian yang dipimpinnya akan menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Standarisasi Nasional untuk UKM di Indonesia yang diharapkan dapat melahirkan produk yang berstandar nasional.

Selain itu, gebrakan Kementerian yang dipimpinnya ini akan berkoordinasi dengan gubernur, bupati dan walikota untuk memberikan peluang bagi UKM mendapatkan hak merek dan hak paten sebagai bentuk kebanggaan produk dalam negeri yang banyak mengandung kearifan lokal nusantara yang tidak dimiliki oleh luar negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.