Hari Ke-38 Jokowi-JK: Janji Tol Trans-Sumatera dan Jalur KA

Kompas.com - 29/01/2015, 15:15 WIB
Arus lalu lintas yang didominasi kendaraan barang terjadi di pertigaan Jalan Soekarno Hatta-Jalan Teluk Ambon, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (23/7/2013). KOMPAS/A HANDOKOArus lalu lintas yang didominasi kendaraan barang terjadi di pertigaan Jalan Soekarno Hatta-Jalan Teluk Ambon, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (23/7/2013).
|
EditorTri Wahono
Pemerintahan Jokowi-JK telah genap 100 hari, Selasa (27/1/2015), sejak dilantik pada 20 Oktober 2014. Kebijakan strategis dan langkah politik dari para pejabat baru pemerintahan menjadi sorotan. Kompas.com hari ini menulis 100 artikel yang berisi kebijakan dan peristiwa menonjol yang terjadi dalam 100 hari pemerintahan baru dari hari ke hari.

KOMPAS.com
 — Infrastruktur menjadi tulang punggung pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Tak heran, proyek infrastruktur pun bakal terus digenjot. Salah satunya, pembangunan jalan tol trans-Sumatera dan jalur kereta api di wilayah Sumatera.

Presiden Jokowi menyatakan, kedua proyek tersebut bakal mulai dibangun pada tahun 2015. Hal ini diharapkan dapat lebih mengintegrasikan dan meningkatkan konektivitas di pulau tersebut. (Jokowi: Tol Trans-Sumatera Dibangun Tahun 2015)

Jokowi juga menjanjikan, dalam lima tahun mendatang, Pulau Sumatera bakal bebas dari pemadaman listrik. Ia mengatakan sudah mendapatkan informasi mengenai hambatan dalam membangun pembangkit baru, seperti masalah pembebasan lahan. (Jokowi Targetkan dalam 5 Tahun Sumatera Bebas Pemadaman Listrik)

Sementara itu, dinamika di parlemen terus meningkat. Ratusan anggota DPR mendukung penggunaan hak interpelasi atas kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi. Dukungan diberikan dengan cara menandatangani dokumen usulan hak interpelasi atas kebijakan Presiden. (202 Anggota DPR Dukung Interpelasi Jokowi).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.