Sejak 2007, KNKT Berhasil Ungkap 157 Kotak Hitam Berbagai Jenis Pesawat

Kompas.com - 29/01/2015, 19:55 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com — Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menjadi badan yang krusial dalam mengungkap bagaimana dan mengapa suatu kecelakaan transportasi terjadi. Bahkan, data lengkap suatu kecelakaan pun pasti dimiliki KNKT.

Terkait kecelakaan pesawat, KNKT sudah cukup berpengalaman melakukan investigasi. Sejak 2009 sampai 2015, KNKT berhasil membaca 157 black box (kotak hitam) dari berbagai jenis pesawat.

"Indonesia dalam hal ini KNKT telah berhasil membaca puluhan black box dengan total 157," ujar Kepala KNKT Tatang Kurniadi dalam keterangan pers di Kantor KNKT, Jakarta, Kamis (29/1/2015).

Dia menjelaskan, total 157 kotak hitam itu terdiri dari 84 cockpit voice recorder (CVR) dan 73 flight data recorder (FDR).

Sementara itu, berdasarkan data sejak tahun 2007, KNKT sudah melakukan 202 kali investigasi kecelakaan pesawat. Kecelakaan itu terdiri dari 95 accident dan 106 serious incident.

Dari sisi sumber daya manusia, di sektor penerbangan, KNKT memiliki 48 orang investigator sampai saat ini. KNKT juga melaksanakan berbagai pelatihan investigator dengan bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi.

Indonesia saat ini dipercaya oleh Flightsape International menjadi salah satu dari 29 negara untuk membeli dan memiliki fasilitas laboratorium flight recorder sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.