Kompas.com - 31/01/2015, 20:12 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat memberikan sambutan dalam peresmian pembayaran autodebet bagi pedagang kaki lima (PKL), di Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Kamis (29/1/2015). Kompas.com/Kurnia Sari AzizaGubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat memberikan sambutan dalam peresmian pembayaran autodebet bagi pedagang kaki lima (PKL), di Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Kamis (29/1/2015).
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memiliki banyak harapan kepada salah satu BUMD DKI, Bank DKI. Ia berharap Bank DKI dapat meningkatkan kelasnya menjadi Bank Umum Kategori Usaha (BUKU) 3 (modal dasar Rp 5- Rp 30 triliun).

Basuki menginginkan Bank DKI sejajar dengan Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan lainnya.

Pada APBD 2015 ini, Pemprov DKI mengalokasikan modal sebanyak Rp 500 miliar. Saat ini, lanjut Basuki, Bank DKI masih membutuhkan Rp 750 miliar untuk naik kelas ke BUKU 3.

"Target saya sebelum keluar dari DKI, sebelum 2022 Bank DKI sudah harus go public," kata Basuki. 

Lebih lanjut, menurut dia, Bank DKI seharusnya juga mampu menyaingi BCA dengan membuka banyak anjungan tunai mandiri (ATM) di 267 kantor kelurahan, 44 kantor kecamatan, 2.000 SD, dan ribuan sekolah lainnya.

Bahkan Basuki sesumbar pendirian ATM itu lahan Pemprov DKI itu bebas biaya sewa dan biaya listrik.

"Boleh enggak Bank DKI minta (bebas sewa dan listrik) begitu? Boleh, kami enggak menyalahi aturan. Ini juga untuk mendorong semua warga pakai transaksi non tunai. Kalau ATM nya dibangun semua, kami bisa lampaui BCA yang punya 3000-an ATM di Jakarta," kata Basuki.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.