Wagub Jabar Pastikan Pembangunan Pelabuhan Cilamaya Gandeng Swasta

Kompas.com - 03/02/2015, 18:29 WIB
Rencana lokasi pelabuhan Cilamaya sebagai penyokong kegiatan industri. KarawangIDRencana lokasi pelabuhan Cilamaya sebagai penyokong kegiatan industri.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Wizwar menyambangi Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Selasa (3/1/2015). Ia mengatakan bahwa pertemuannya dengan Menhub Ignasius Jonan itu membahas berbagai proyek pembangunan infrastruktur perhubungan terutama Pelabuhan Cilamaya dan Bandara Majalengka.

Terkait dengan Pelabuhan Cilamaya, Deddy mengatakan bahwa pemerintah Jawa barat mengatakan tak sanggup membangunnya. Oleh karena itu, ia memastikan pembangunan Pelabuhan Cimalaya akan ditawarkan kepada swasta.

"Cilamaya jalan dengan public private partnership, ditawarkan siapa yang mau bangun, kita lagi bangun bandara (Majalengka) sekarang. Kita gak mampu (Bangun Pelabuhan Cilamaya) Bandara saja Rp 8 triliun," ujar Deddy.

Deddy mengatakan, proyek pembangunan Pelabuhan Cilamaya itu tidak bisa dibebankan pada negara karena sifatnya komersial. Jadi, skemanya ditawarkan kepada siapapun yang mau berinvestasi.

Selain itu, Deddy juga mengatakan di pertemuan dengan Jonan membahas progres proyek Bandara Kertajati Majalengka. Total biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 8 triliun. Menurutnya, tahun 2017 nanti bandara itu sudah bisa dioperasikan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.