BPS: Orang Indonesia Bahagia karena Senang Bersosialisasi

Kompas.com - 05/02/2015, 22:12 WIB
|
EditorFidel Ali Permana


JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, indeks kebahagiaan orang Indonesia mengalami kenaikan 3,17 poin dibandingkan tahun lalu di level 65,11, menjadi di level 68,28. Kepala BPS Suryamin menjelaskan, BPS mengukur sepuluh aspek kehidupan untuk menyusun indeks komposit tersebut.

Sebanyak lima dari sepuluh aspek memiliki indeks di atas tujuh puluh. Kelima aspek tersebut adalah ketersediaan waktu luang (71,74), hubungan sosial (74,29), keharmonisan keluarga (78,89), kondisi keamanan (76,63), serta keadaan lingkungan (74,86).

"Indeks kebahagiaan dari aspek hubungan sosial tinggi. Ini menunjukkan orang Indonesia tingkat sosialnya tinggi. Asal senang berkawan," ujar Suryamin dalam paparan, Kamis (5/2/2015).

Indeks kebahagiaan yang tinggi pada aspek keadaan lingkungan juga mencerminkan bahwa masyarakat Indonesia senang dengan kondisi yang aman.

"Senang, keluar rumah aman. Itu menjadi komponen yang membuat orang bahagia," lanjut Suryamin. (Baca: BPS: Orang Indonesia yang Belum Menikah Tergolong Paling Bahagia)

Sayangnya, laporan BPS juga menunjukkan aspek pendidikan belum berkontribusi terhadap kebahagiaan. Menurut Suryamin, hal tersebut juga sesuai dengan komposisi masyarakat Indonesia yang masih berpendidikan rendah.

Adapun BPS memotret indeks kebahagiaan dari aspek pendidikan hanya di level 58,28. Suryamin menegaskan, aspek pendidikan adalah kebahagiaan yang terendah dalam masyarakat Indonesia, begitu pun dengan aspek kesehatan yang masih di level 69,72.

"Aspek pendapatan juga masih rendah. Ini menggambarkan pendapatan tidak setinggi hubungan sosial. Ini juga menunjukkan bahwa di kita yang miskin juga masih banyak. Hampir miskin, rentan miskin, masih banyak," kata Suryamin.

BPS melaporkan indeks kebahagiaan dari aspek pendapatan rumah tangga di level 63,09. Sementara itu, indeks kebahagiaan dari aspek kondisi rumah tangga dan aset di level 65,01, sementara aspek pekerjaan di level 67,08.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.