Kompas.com - 09/02/2015, 08:55 WIB
Ilustrasi KONTAN/AHMAD FAUZIEIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah bakal kembali diuji kekuatannya pada perdagangan awal pekan ini, Senin (9/2/2015). Peluang rupiah tertekan cukup besar setelah indeks dollar AS kembali naik akhir pekan lalu.

Di pasar spot pagi ini, seperti dikutip dari data Bloomberg, mata uang Garuda ini dibuka melemah ke posisi Rp 12.676 per dollar AS dibanding penutupan pekan lalu pada 12.621.

Euro kembali kehilangan momentum penguatan pada perdagangan Jumat (6/2/2015) setelah perkembangan negosiasi antara pemerintahan baru Yunani dengan Troika belum berujung pada jalan keluar yang disepakati bersama.

Hal itu memicu penguatan dollar AS walaupun di saat yang bersamaan data penyerapan tenaga kerja AS memburuk dari bulan sebelumnya. Harga minyak brent juga kembali naik 3,66 persen ke 58,64 dollar AS per barrel. Sore nanti ditunggu data sentix investor confidence Zona Euro. 

Rupiah yang sempat melemah pada pembukaan berhasil menguat pada penutupan Jumat lalu. Rupiah menguat di saat aksi jual meliputi SUN, di mana imbal hasil SUN 10 tahun naik hingga 7,156 persen.

Menurut Riset Samuel Sekuritas Indonesia, indeks dollar AS yang melemah beberapa saat sebelumnya serta cadangan devisa yang naik memberikan sentimen positif terhadap rupiah.

"Namun hari ini rupiah berpeluang melemah melihat tren kembalinya penguatan indeks dollar AS.," tulisnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.