Jonan: Isu Calo Tiket di Bandara Sudah Terlalu "Bising"

Kompas.com - 09/02/2015, 13:25 WIB
Ilustrasi: konter penjualan tiket maskapai di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Kompas.com/Robertus BelarminusIlustrasi: konter penjualan tiket maskapai di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan sudah bulat akan menutup loket penjualan tiket di bandara. Pasalnya, Jonan sudah terlalu banyak mendapatkan laporan masyarakat terkait calo tiket di bandara.

"Karena praktek percaloan yang selalu dikritik masyarakat di bandara terutama di bandara besar sudah terlalu bising," ujar Jonan di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Senin (9/1/2015).

Ia mengatakan bahwa industri penerbangan nasional harus mampu melakukan modernisasi penjualan tiket pesawat. Hal itu penting dilakukan untuk meminimalisir praktik percaloan di bandara.

Ia mencontohkan, saat bertugas di PT KAI, ia melakukan berbagai perbaikan di stasiun. Salah satu poin penting kata dia, KAI berhasil menterapkan sistem penjualan tiket secara online melalui kerjasama minimarket, sehingga masyarakat mudah mendapatkan tiket. Hal itu menurutnya, mampu membuat para calo yang biasanya marak menjadi berkurang dan hilang.

"Semua airlines harus modernisasi sistem informasinya. Loket di bandara saya gak mau. Satu, diganti mesin, dan kedua pasang customer service. KAI aja bisa pakai finding machine. Kalau nggak bisa ya tutup aja," kata dia.

Dia pun mengaku akan mengganti pejabat AP I dan AP II apabila tak mampu membenahi pelayanan tiket di bandara. Kalao AP I dan II tak bisa ya cabut, saya sih ringkas aja orangnya," ucap Jonan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.