Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Newmont Segera Ajukan Perpanjangan Izin Ekspor

Kompas.com - 09/02/2015, 18:28 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Izin ekspor PT Newmont Nusa Tenggara akan berakhir pada 18 Maret 2015. Atas dasar itu, Newmont segera akan mengajukan permohonan perpanjangan izin ekspor untuk enam bulan ke depan lagi.

Menurut juru bicara Newmont, Rubi Purnomo, permohonan perpanjangan izin ekspor tersebut segera akan dilayangkan ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Surat permohonan saat ini sedang diproses untuk diajukan. Kami berharap operasi tambang Batu Hijau dapat dilaksanakan secara berkesinambungan,” ucap Rubi, Jakarta, Senin (9/2/2015).

Sebelumnya, Newmont mendapat izin ekspor dari Kementerian ESDM untuk periode 18 September 2014 hingga 16 Maret 2015, sebanyak 350.000 ton konsentrat tembaga. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, R Sukhyar menuturkan, pemerintah akan memberitahu Newmont terkait batas waktu pengajuan permohonan.

“Kalau tidak diajukan (permohonan perpanjangan) maka Newmont tidak bisa ekspor pasca-izin berakhir,” ujar Sukhyar.

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No.11 tahun 2014, permohonan perpanjangan izin ekspor paling cepat dilakukan 45 hari dan paling lambat 30 hari, sebelum rekomendasi berakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com