Kompas.com - 11/02/2015, 13:31 WIB
DIrut Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin TRIBUNNEWS/HERUDIN DIrut Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, perseroan akan memperjuangkan pengurangan dividen untuk setoran tahun 2015 ini. Hal itu dilakukan setelah usulan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 5,6 triliun ditolak Badan Anggaran dan Komisi VI DPR-RI.

"Kalau buat Mandiri, apakah itu (PMN) diberikan kami punya cara lain untuk memupuk modalnya. Misalnya dengan mengurangi dividen pay out ratio menjadi sekitar 20 persen," kata Budi, di Jakarta, Rabu (11/2/2015).

Budi menuturkan, biasanya dividen pay out ratio Mandiri sebesar 30 persen. Dia mengatakan, biasanya setoran dividen Mandiri ke negara Rp 20 triliun. "Kalau dikurangi 10 persen itu kita sudah dapat Rp 2 triliun. Kalau dikurangi 20 persen, dapat Rp 4 triliun. Kalau pengurangan dividennya 2 tahun, bisa dapat Rp 8 triliun," imbuh Budi.

Dia bilang, akan memperjuangkan pengurangan dividen ini di Kementeian BUMN. Keputusan soal dividen ini akan diputuskan Kementerian BUMN pada 16 Maret 2015.

Budi bilang, masih ada waktu, sebab keputusan soal dividen berbeda tenggat waktunya dengan APBNP 2015. "Kalau dividen kan dikasih gelondongan (ke Kementerian BUMN). Nanti Ibu Menteri BUMN yang atur-atur. Kita diskusi ke sana," kata Budi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.