Didukung Presiden, Dirjen Pajak Tempuh Semua Prosedur Penagihan

Kompas.com - 12/02/2015, 15:28 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan Sigit Priyadi Pramudito melaporkan, piutang pajak tahun ini turun Rp 10 triliun dibanding tahun lalu, akibat gijzeling.

"Karena besarnya dukungan Pak Jokowi, kami berani melaksanakan semua prosedur penagihan. Beliau bilang, kalau ada yang menahan-nahan (pajak), lapor saya," kata Sigit dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR-RI, Kamis (12/2/2015).

Dengan dukungan itu, dia juga optimistis bakal mampu mencapai target penerimaan pajak tahun ini sebesar Rp 1.294 triliun, atau naik Rp 394 triliun dibanding tahun lalu. "(Target ini) Luar biasa, tapi ini jawaban kami ke Presiden. Dua bulan lalu eselon 2 dipanggil Presiden, diajak dialog. Pertama kalinya eselon 2 diajak berdialog dengan Presiden," ucap dia.

Gijzeling atau paksa badan adalah salah satu prosedur penagihan lantaran si penanggung pajak belum membayarkan kewajiban pajaknya. Awal tahun ini, DJP sudah memberikan sanksi gijzeling terhadap 11 dari 31 Wajib Pajak (WP). Dan, awal bulan ini seorang komisaris perusahaan pun dikenai sanksi gijzeling lantaran mangkir bayar pajak. (baca: Tunggak Pajak, Seorang Komisaris Perusahaan Dipenjarakan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.