Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berharap Rupiah Menguat di Akhir Pekan

Kompas.com - 13/02/2015, 09:04 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan ini berhasil bangkit, dan menguay di bawah level 12.800. Di pasar spot, berdasarkan data Bloomberg, mata uang Garuda ini dibuka menguat ke posisi Rp 12.742 per dollar AS dibanding penutupan kemarin pada 12.802.

Hari ini rupiah diharapkan bisa kembali menguat setelah kemarin terpuruk. Pelemahan indeks dollar AS diharapkan dapat mengangkat mata uang Garuda.

Adanya sedikit titik cerah dari usaha Yunani bernegosiasi dengan Troika membawa euro untuk menguat. Penguatan euro juga didukung oleh industrial production Zona Euro yang membaik serta data ekonomi AS yang buruk - penjualan ritel serta initial jobless claims diumumkan lebih buruk semalam.

Indeks dollar AS juga ikut turun drastis hingga dini hari tadi walaupun S&P 500 menguat cukup tajam. Sore ini ditunggu GDP Zona Euro yang diperkirakan tetap rendah di kisaran 0,8 persen secara tahunan.  

Kemarin rupiah melemah hingga menembus Rp 12.800 per dollar AS bersama mata uang lain di Asia merespon penguatan tajam indeks dollar AS kemarin. Pelemahan juga dipicu oleh terjaganya sentimen negatif dari Yunani.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia menyatakan tekanan terhadap rupiah diperkirakan masih bertahan di sepanjang triwulan I/2015. Aksi jual juga terlihat di IHSG dan SUN di mana tenor 10 tahun sudah naik hingga 7,5 persen hingga kemarin sore.

"Hari ini pelemahan rupiah berpeluang mereda melihat indeks dollar AS yang turun drastis. Angka rasio cadangan devisa terhadap PDB yang akan keluar hari ini diperkirakan membaik sehingga bisa menambah satu faktor positif untuk rupiah," tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com