Kompas.com - 13/02/2015, 13:45 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). TRIBUN NEWS / DANY PERMANA TRIBUN NEWS / DANY PERMANAMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, diperkenalkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (26/10/2014). TRIBUN NEWS / DANY PERMANA
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengatakan, struktur pasar yang tidak sehat menyebabkan inflasi di Indonesia tidak pernah rendah secara konsisten.

"Inflasi kita sangat bandel. Tidak pernah kita mencapai inflasi rendah secara konsisten. Salah satunya karena struktur pasar," kata dia usai rapat koordinasi, Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Di sisi lain, dia mengaku instrumen yang dimiliki pemerintah untuk mengatur pasar tidak cukup memadai. Sofyan menuturkan, selama persaingan usaha yang tidak sehat ini tidak diatasi, ekonomi Indonesia tidak akan pernah bisa kompetitif.

"Di negara lain itu interest rate 1-2 persen, di kita sekarang masih 10 persen, salah satu sebabnya adalah karena inflasi," ucap dia.

Atas dasar itu, dia bilang, pemerintah ke depan akan bekerjasama dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) agar KPPU bisa menjadi instrumen yang lebih kuat.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.