Menteri ESDM Serahkan Pembangunan Smelter Papua pada Mitra Pemda

Kompas.com - 17/02/2015, 11:33 WIB
Menteri ESDM Sudirman Said Kompas.com/SABRINA ASRILMenteri ESDM Sudirman Said
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan pembangunan fasilitas pemurnian bijih minerall (smelter) akan diserahkan pada investor yang menjadi mitra Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah Papua.

“Soal smelter akan diserahkan pada investor, belum tahu China atau bukan,” ucap Sudirman di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Sudirman lebih lanjut mengatakan, pemerintah pusat telah memberikan pesan kepada Gubernur Papua dan Bupati agar mencari mitra yang tepat dalam pembangunan smelter.

Untuk itu, pemerintah pusat mendorong Pemda membentuk tim manajemen untuk menyeleksi mitra-mitra strategis. “Kendati smelter dibangun oleh daerah, Freeport harus tetap melaksanakan kewajibannya membangun smelter,” imbuh Sudirman.

Menurut Sudirman, siapapun yang akan membangun smelter di Papua, yang terpenting adalah aspirasi dari masyarakat Papua sudah terpenuhi. “Kan saya sudah bilang, secara nasional kita akan memproduksi 4-4,5 juta ton konsentrat per tahun,” kata Sudirman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.