Satu Kata yang Membuat Susi Tertarik Menjadi Menteri di Pemerintahan Jokowi

Kompas.com - 17/02/2015, 14:15 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat membuka seminar peringatan 10 tahun tsunami Aceh di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (17/12/2014). KOMPAS.com/Roderick Adrian MozesMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat membuka seminar peringatan 10 tahun tsunami Aceh di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (17/12/2014).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Di hadapan para gubernur, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengungkapkan salah satu alasannya untuk bergabung ke dalam Kabinet Kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo. Menurut dia, ketertarikan bergabung dengan pemerintahan adalah karena Presiden menyodorkan satu kata, perubahan.

"Saya bergabung dengan pemerintahan ini atas ketertarikan dengan kata perubahan (yang ditawarkan Presiden Jokowi)," ujar Susi di depan para gubernur yang hadir di Gedung Mina Bahari III Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Selasa (17/2/2015).

Perubahan itu pula yang menjadi misinya. Namun, Susi mengaku tak bisa berbuat banyak apabila dukungan terhadapnya minim untuk membuat perubahan. Oleh karena itu, dia secara langsung meminta dukungan semua stakeholder di sektor kelautan dan perikanan, termasuk pemerintah pusat dan daerah untuk mendukung kebijakannya.

"Tapi, saya enggak mungkin mengubah itu semua sendirian, tanpa support dari pemerintahan pusat dan daerah. Makanya, para gubernur juga harus berusaha ikut melakukan perubahan," kata Susi.

Meski begitu, Susi juga menyadari bahwa usaha untuk melakukan perubahan itu tak selalu mulus. Bahkan, dia meminta maaf secara langsung apabila kebijakannya menuai pro kontra di lapangan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.