Bank Dunia : Masyarakat yang Sehat akan Dorong Produktivitas Pekerja

Kompas.com - 18/02/2015, 13:00 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Departemen Perkembangan Manusia, Bank Dunia, Cristobal Ridao-Cano mengatakan dengan memperbaiki layanan kesehatan di Indonesia, maka secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian Indonesia.

"Banyak contoh di mana investasi di sektor kesehatan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Tapi lebih kepada pertumbuhan inklusif. Di mana hubungannya adalah dengan masyarakat yang sehat maka produktivitas pekerja akan meningkat," kata Cristobal, Rabu (18/2/2015).

Menurut dia, banyak negara yang menggunakan konsep ini sudah merasakan hasilnya. Salah satunya adalah negara Thailand. "Contohnya di Amerika Serikat, negara-negara di Eropa, yang memberikan layanan universal untuk kesehatan. Di Asia, tercatat Thailand yang sudah membiayai semua layanan kesehatan di semua kelas masyarakat dan sudah merasakan hasilnya," jelas Cristobal.

Hal ini menyusul data dari World Health Organization (WHO) bahwa Indonesia berada di peringkat kelima terendah dalam hal mengalokasikan dana untuk kesehatan, yakni hanya sebesar 1,2 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Menurut dia, seharusnya Indonesia meningkatkan anggaran menjadi 2,5 persen dalam 4 tahun ke depan. "Perlu ditingkatkan alokasi anggaran 2,5 persen dari PDB selama 4 tahun ke depan (Rp 461 triliun pada 2019) dan menjadi 5 persen pada 10 tahun ke depan," kata Cristobal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.