Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Puan Pastikan Penyaluran "Kartu Sakti" Jokowi Tepat Sasaran

Kompas.com - 18/02/2015, 16:51 WIB
Ihsanuddin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani memastikan, tiga kartu andalan Joko Widodo, yang sebagian dananya berasal dari pengalihan subsidi bahan bakar minyak, akan disalurkan secara tepat sasaran ke masyarakat menengah kebawah yang memang membutuhkan.

"Pemerintah berupaya agar perlindungan sosial melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dengan data yang akurat sehingga penyaluran KIS, KIP dan KKS tepat sasaran," kata Puan usai rapat paripurna dengan Dewan Perwakilan Daerah, di Kompleks Senayan, Jakarta, Rabu (17/2/2015).

Hal tersebut disampaikan Puan menjawab DPD yang sebelumnya mengajukan hak bertanya kepada pemerintah mengenai kenaikan BBM bersubsidi. Turut hadir dalam rapat tersebut Menko Perekonomian Sofjan Djalil.

Puan meyakinkan kepada para anggota DPD yang hadir, dalam lima tahun ke depan, Pemerintah akan terus berupaya mengalihkan porsi anggaran subsidi ke berbagai sektor kegiatan ekonomi yang lebih produktif. Hal tersebut dalam rangka mendukung kegiatan pembangunan sarana dan prasarana perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil.

Puan mengatakan, dengan jawaban dan penjelasan Pemerintah itu, hal yang ditanyakan oleh DPD melalui surat per tanggal 28 Januari 2015 menjadi jelas. 

"Pemerintah menghormati hak anggota DPD bertanya kepada Pemerintah. Sebab, itu diatur di dalam perundang-udangan. Dengan penjelasan tadi, soal kenaikan harga BBM per tanggal 19 November lalu dapat dipahami oleh DPD," ujar Politisi PDI-P ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com