Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Digitalisasi" 18 Pelabuhan, Telkom Siapkan Rp 90 Miliar

Kompas.com - 18/02/2015, 17:20 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mendukung terciptanya poros maritim Indonesia. Untuk keperluan itu, BUMN ini siap merogoh Rp 90 miliar untuk membantu digitalisasi infrastruktur teknologi informasi di 18 pelabuhan di Indonesia tahun 2015.

"Tahun ini, untuk 18 pelabuhan itu capex (capital expenditure/belanja modal) mencapai Rp 90 triliun," ujar Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaludin di Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Dia mengatakan, ke-18 pelabuhan itu di antaranya Pelabuhan Banda Aceh, Pelabuhan Pangkal Pinang, Pelabuhan Kuala Tanjung, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Panjang, Pelabuhan Padang, Pelabuhan Cilacap, Pelabuhan Banjarmasin, Pelabuhan Pontianak, Pelabuhan Palangkaraya, Pelabuhan Maliy, Pelabuhan Lombok, Pelabuhan Kupang, dan Pelabuhan Bitung.

Ada juga Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Halmahera, Pelabuhan Jayapura, dan Pelabuhan Merauke. Selain itu, Telkom juga akan melakukan revitalisasi 100 kampung nelayan dan penyediaan fasilitas telekomunikasi di 25 pulau terluar.

Pada tahun 2014 lalu, Telkom sudah melakukan implementasi Broadband Port dengan layanan Connectivity dan ICT untuk enam pelabuhan yaitu Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Batam, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Makassar, dan Pelabuhan Sorong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com