Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Indonesia Pakai Telepon Kabel, di Luar Negeri Sudah Multimedia Digital Generasi Keempat

Kompas.com - 18/02/2015, 19:18 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara maritim dengan dua per tiga wilayahnya adalah perairan. Tapi, dalam urusan sistem teknologi informasi di pelabuhan, Indonesia jelas sudah sangat sangat tertinggal.

"Di pelabuhan kita ini masih telepon kabel, sementara pelabuhan di luar negeri sudah multimedia digital generasi keempat," ujar Direktur Lalu Lintas Laut Kementerian Perhubungan Harry Boediarto dalam acara launching pagelaran Broadband Port tahun 2015 di Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Dia menjelaskan, dampak ketertinggalan teknologi informasi di pelabuhan bisa sangat parah. Bahkan, waktu sandar kapal di pelabuhan bisa sangat lama akibat tak memadainya teknologi informasi.

Menurutnya, Pelabuhan Tanjung Priok bisa menjadi contoh nyata bagaimana penerapan teknologi informasi bisa berdampak positif. Setelah adanya infrastruktur informasi di Pelabuhan Tanjung Priok, waktu sandar kapal menjadi relatif lebih cepat.

Oleh karena itu, dia menyambut baik kerjasama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk untuk membangun infrastruktur telekomunikasi di 18 pelabuhan di Indonesia. Dia pun berharap, dengan adanya kerjasama dengan Telkom maka teknologi informasi di pelabuhan bisa sekaligus mendukung Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com