KKP: Kepatuhan Pengusaha Perikanan Tangkap Masih Minim

Kompas.com - 19/02/2015, 07:38 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko
JAKARTA, KOMPAS.com - Kepatuhan pelaku usaha perikanan tangkap masih sangat minim. Salah satu indikasinya yakni tidak terserapnya tenaga observer yang disediakan KKP.

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Gellwynn Jusuf mengatakan, KKP telah menyediakan tenaga observer sebanyak 403 orang. Sayangnya, dalam kurun waktu 2012-2014, baru 82 tenaga observer yang terserap.

"Masih rendahnya kesediaan dan kepatuhan pelaku usaha untuk menerima obsever untuk ditempatkan di kapal perikanan yang dimiliki dan dioperasikan, membuat jumlah observer yang ada belum semuanya termanfaatkan," kata dia, di Jakarta, Rabu (18/2/2015).

Padahal, penempatan tenaga observer ini penting untuk mencapai keberlanjutan sumber daya ikan dan pencegahan illegal, unreported, and unregulated (IUU) fishing. Pemerintah telah mewajibkan pelaku usaha penangkapan ikan untuk menerima tenaga observer yang disediakan.

Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri yang mengatur tentang pemantauan di atas kapal penangkap ikan dan kapal pengangkut ikan di Wilayah Pengelolaan Perikanan-Negara Republik Indonesia, yaitu PermenKP Nomor 1/PERMEN-KP/2013 tentang Pemantau Kapal Penangkap Ikan dan Kapal Pengangkut Ikan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.