Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Diproyeksikan Kembali Menanjak

Kompas.com - 26/02/2015, 09:04 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah diproyeksikan akan kembali mencoba bergerak naik pada perdagangan Kamis (26/2/2015). Turunnya indeks dollar AS diharapkan ikut mengangkat gerak mata uang garuda.

Indeks dollar AS mempertahankan tren pelemahannya hingga dini hari tadi masih akibat pernyataan Gubernur The Fed, Janet Yellen, yang kembali melakukan testimoni yang sama malam tadi kepada Senate Banking Committee.

Turunnya angka penjualan rumah baru AS menambah tekanan terhadal indeks dollar AS. Malam nanti ditunggu angka inflasi AS yang diperkirakan turun signifikan dengan peluang menjadi deflasi dari kisaran 0,8 persen YoY di bulan Desember 2014. Pengumuman angka inflasi itu diperkirakan dapat memicu tambahan tekanan bagi dollar.   

Pernyataan Yellen sehari sebelumnya juga menularkan efek pelemahan dollar AS di pasar Asia Rabu (25/2/2014) pagi. Rupiah berhasil menguat signifikan bersama mata uang lain di Asia.

Menurut Riset Samuel Sekuritas Indonesia, naiknya indeks manufaktur Tiongkok ke atas 50 juga membantu memberikan sentimen positif. "Rupiah menguat bersamaan dengan penguatan IHSG serta SUN hingga Rabu sore. Pagi ini rupiah berpeluang melanjutkan penguatannya," sebutnya.

Pada awal perdagangan di pasar spot pagi ini, data Bloomberg menunjukkan rupiah dibuka menguat ke posisi Rp 12.849 per dollar AS dibanding penutupan kemarin pada 12.856.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com