Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Amran: Gertak Birahi, yang Masih Perawan Jangan Disuntik!

Kompas.com - 26/02/2015, 14:34 WIB
Estu Suryowati

Penulis


MALANG, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengingatkan kepada para penyuluh dan petani peternak sapi agar tidak serampangan melakukan inseminasi buatan (IB).

"Hati-hati ya jangan sembarang suntik. Aku serius. Yang masih perawan, yang belum pernah melahirkan jangan disuntik," kata Amran dalam pidato kuncinya, dalam panen raya dan tanam serentak, di Desa Ngebruk, Kecamatan Sumber Pucung, Malang, Jawa Timur, Kamis (26/2/2015).

Amran mengingatkan hal tersebut bukan tanpa alasan. Berdasarkan pengalaman IB di Pangkalan Bun, Gertak Birahi tidak berhasil sebab banyak sapi yang meninggal. "Itu berbahaya (yang perawan disuntik), bisa mati. Ini pengalaman di Pangkalan Bun," ungkap Amran.

Kadis Peternakan Kabupaten Malang, Jono melaporkan, saat ini jumlah sapi betina yang ada sebanyak 120.000 ekor. Dari angka itu, sebanyak 90 persen diantaranya siap menjalani Gertak Birahi dengan IB.

"Yang siap disuntik 90 persen dari 120.000 ekor," kata dia.

Sementara itu Bupati Malang, Rendra Kresna melaporkan, tahun lalu, dari 90.000 ekor betina yang menjalani suntik IB, diperoleh hampir 60.000 ekor anak sapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com