Usia 100 Tahun, Pendapatan Per Kapita Indonesia Harus 10.000 Dollar AS

Kompas.com - 27/02/2015, 10:34 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo mengatakan, pemerintah memiliki sasaran ekonomi jangka panjang yang sederhana. Pemerintah menargetkan pada usia 100 tahun, Indonesia harus sudah menjadi negara maju dengan pendapatan per kapita masyarakat Indonesia mencapai 10.000 dollar AS.

"Saat itu komponen maritim harus sudah besar lah sumbangannya (pada PDB)," ujar Indroyono di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (26/2/2015).

Untuk mewujudkan itu, Kemenko Maritim kata dia sudah memiliki empat fokus utama yaitu memperkuat kedaulatan maritim, meningkatkan sumberdaya maritim termasuk pariwisata, meningkatkan pembangunan infrastruktur maritim, dan berusaha mewujudkan bangsa Indonesia menjadi bangsa bahari.

Sementara itu, untuk target jangka pendek, pemerintah sudah memiliki target pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen. Dia sangat yakin dengan berbagai kebijakan pemerintah terutama disektor maritim seperti pembangunan tol laut akan membuat ekonomi Indonesia terkerek.

"Sasarannya sederhana, ya dalam 5 tahun ini pertumbuhan ekonomi bisa 7 persen," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.