Perpanjangan Ekspor Newmont Tunggu Kesepakatan "Smelter"

Kompas.com - 02/03/2015, 18:49 WIB
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com – Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), R Sukhyar menyampaikan, rekomendasi perpanjangan ekspor untuk PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) akan diputuskan sebelum 19 Maret 2015. Sukhyar mengatakan, keputusan pemerintah untuk memberikan rekomendasi perpanjangan ekspor kepada Newmont akan diambil setelah ada kesepakatan pembangunan fasilitas pemurnian (smelter) antara Newmont dengan PT Freeport Indonesia. “Kita masih menunggu agreement antara Newmont dan Feeport. Apa benar Newmont akan menyuplai, apa benar akan ikut investasi. Kalau sudah ada agreement, kita akan memberikan rekomendasi ekspor,” kata Sukhyar pada wartawan di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (2/3/2015).

Sukhyar mengatakan, rekomendasi ekspor Newmont akan habis pada 19 Maret 2015. Sehingga kesepakatan selambat-lambatnya sudah harus dicapai sebelum itu.

Sukhyar menjelaskan, kesepakatan pembangunan smelter dimaksud adalah rencana ekspansi Freeport di Smelting Gresik yang rencananya akan ditambah kapasitasnya 2 juta ton konsentrat per tahun.

Adapun alasan pemerintah mendorong Newmont untuk bekerja sama dengan Freeport yakni pada 2021 produksi konsentrat Freeport hanya sebesar 2,8 juta ton. “Tahun 2021 produksi Freeport sekitar 2,8 juta ton. Sementara, sudah diambil 1 juta ton untuk Smelting Gresik, sisanya 1,8 juta ton. Kemudian diambil smelter di Papua 0,9 juta ton, tinggal 0,9 juta ton. Padahal dia (Freeport) membangun ekspansi 2 juta ton, berarti idle dia punya smelter di Gresik. Makanya, Newmont harus masuk,” jelas Sukhyar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.