Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta Tol Sumatera Dibangun April Ini

Kompas.com - 05/03/2015, 15:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo meminta agar pembangunan proyek Jalan Tol Trans Sumatera bisa segera dimulai maksimal April 2015. Hal ini disampaikan dalam Rapat Terbatas yang dihaditi Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum, Rini Soemarno, Menteri BUMN, Adrinof Chaniago,  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, Menteri Keuangan, Alex Nurdin, Gubernur Sumatera Selatan, dan Ridho Ficardo di Kantor Presiden, Kamis (5/3/2015).

Jokowi mengatakan, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera perlu segera dilakukan. "Tiga bulan lalu telah kami lihat di lapangan perlunya tol tersebut maka itu kami perintahkan segera dimulai," kata Jokowi.

Sementara itu Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat beberapa waktu lalu mengatakan siap memulai pembangunan proyek Tol Trans Sumatera. Saat ini, semua persiapan yang diperlukan untuk pembangunan ruas jalan tol tersebut sudah siap, khususnya di ruas Bakauheuni- Palembang sudah siap. Salah satunya,  persiapan lahan.

Basuki mengatakan berdasarkan data perkembangan pembebasan lahan yang dimilikinya sampai saat ini sejumlah lahan yang diperlukan untuk pembangunan ruas jalan Tol Trans Sumatera sudah berhasil dibebaskan. Salah satunya, lahan dii ruas Kayu Agung- Palembang- Betung.

Saat ini, lahan yang diperlukan untuk pembangunan jalan tol di ruas tersebut sudah berhasil bebas 100 persen. “Untuk ruas lain akan dibebaskan oleh gubernur Lampung dan Sumatera Selatan dan kami sudah siapkan anggaran Rp 110 miliar untuk membantu pembebasan lahan tersebut,,” kata Basuki Senin (23/2/2015) lalu. (Agus Triyono)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com