Menkominfo Mengaku Belum Tahu Telkomsel Disadap Australia

Kompas.com - 06/03/2015, 13:13 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengaku belum mengetahui permasalahan penyadapan jaringan Telkomsel oleh Australia dan Selandia Baru. Oleh karena itu, Kemenkominfo pun belum tahu akan mengambil tindakan lebih lanjut atau tidak. “Wah belum tahu saya. Itu kan (baru) berita,” ucap Rudiantara ditanya tindak lanjut dari Kemenkominfo, ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (6/3/2015).

Sebelumnya diberitakan, Australia dan Selandia Baru disebut-sebut menyadap jaringan telekomunikasi Indonesia. Kedua negara tersebut bekerja sama mencegat lalu lintas milik Telkomsel yang mempunyai 122 juta pelanggan. Demikian dokumen yang dibocorkan mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional (NSA) AS Edward Snowden, seperti dikutip Australia The Sidney Morning Herald (SMH), Kamis (5/3/2015).

Dokumen tersebut mengungkapkan bahwa Direktorat Sinyal Australia bekerja sama dengan Biro Keamanan Komunikasi Selandia Baru memata-matai jaringan telekomunikasi Indonesia dan Pasifik Selatan. Australia dan Selandia Baru mencegat komunikasi satelit dan kabel telekomunikasi bawah laut, dan berbagai data dari panggilan telepon, email, dan pesan media sosial.

SMH menyebutkan, tahun 2009 seorang intelijen Selandia Baru di Canberra mempunyai tugas khusus untuk menganalisis jaringan telekomunikasi Telkomsel termasuk menyelidiki catatan panggilan data yang dikirim melalui FTP (File Transfer Protocol), dan meneliti gateway Telkomsel yang digunakan untuk lalu lintas telepon internasional dan domestik jarak jauh.

baca juga: Australia Menyadap Jaringan Telkomsel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.