Kompas.com - 09/03/2015, 09:12 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal pekan ini makin terpuruk. Pada awal perdagangan di pasar spot, rupiah dibuka pada level 12.994 atau melemah 18 poin dibanding penutupan akhir pekan lalu di posisi 12.976.

Hingga pukul 09.04 WIB, seperti dikutip dari data Bloomberg, mata uang garuda melorot ke posisi Rp 13.050 per dollar AS.

Rupiah Senin (9/3/2015) ini, kembali diuji kekuatannya pada perdagangan. Akhir pekan lalu Indeks dollar AS naik tipis setelah tingkat pengangguran dan pertambahan tenaga kerja non-pertanian diumumkan membaik. Hal itu kembali membangkitkan harapan kenaikan suku bunga the Fed di tahun ini.

Berita positif datang dari Tiongkok dengan surplus perdagangan yang naik. Negosiasi antara Yunani dan Uni Eropa akan dimulai kembali menjelang jadwal pembayaran bunga utang Yunani.   Meski indeks dollar AS terus naik, rupiah menguat tipis hingga Jumat (6/3/2015) sore pekan lalu.

Dampak positif diluncurkannya QE oleh ECB sepertinya mengungguli dampak negatif penguatan dollar AS di pasar global.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, cadangan devisa yang naik menunjukkan aliran dana asing yang deras ke Indonesia serta keengganan BI melakukan intervensi terhadap pelemahan rupiah. Rupiah diperkirakan kembali menguat hari ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.