Kekurangan Stok Ikan, Malaysia Berniat Investasi di Indonesia

Kompas.com - 13/03/2015, 16:20 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa pengusaha Malaysia berniat berinvestasi di sektor perikanan dan kelautan di Indonesia. Alasannya, stok ikan di Negeri Jiran itu sedang menurun.

Meski menyambut baik niat pengusaha Malaysia itu, Susi mengatakan bahwa dirinya hanya akan mempersilakan Malaysia berinvestasi di sektor hilir perikanan nasional. "Dia mau investasi, saya buka untuk cold storage (gudang pendingin) untuk processing, untuk aqua culture (budidaya ikan). Tapi, enggak boleh tangkap ikan," ujar Susi di Kantor KKP, Jakarta, Jumat (13/3/2015).

Susi melanjutkan, dirinya melarang adanya investasi asing di sektor hulu perikanan atau penangkapan ikan langsung. Pasalnya, penangkapan ikan hanya untuk para pengusaha dan nelayan Indonesia.

Menurut Susi, Malaysia memiliki perikanan budidaya yang besar. Namun, sektor perikanan laautnya tak sebesar Indonesi. "Kalau aqua culture-nya dia (Malaysia) besar, tapi kan rakyat enggak cuma mau ikan aqua culture saja tapi juga ingin makan ikan laut," kata Susi.

Sementara itu, Kepala Lembaga Kemajuan Ikan Malaysia Irmohizam Hj Ibrahim mengatakan bahwa salah satu investasi yang sedang dibicarakan adalah cold storage. "Apakah akan berinvestasi seperti cold storage ini adalah salah satu yang kami bahas. Untuk mengukuhkan lagi usaha ekonomi. Kita melihat bekalan (stok) ikan perlu untuk membantu pasaran di Malaysia. Saya minta Bu Susi untuk membantu," ucap dia.

Menurut dia, kekurangan stok ikan di Malaysia karena sedang musim muson. Oleh karena itu, dia pun mengatakan memerlukan dukungan dari negara yang memiliki stok ikan berlimpah seperti Indonesia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.