Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Pelabuhan Cilamaya Tuai Polemik, Menko Maritim Enggan Berkomentar

Kompas.com - 13/03/2015, 19:37 WIB
Yoga Sukmana

Penulis



JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo enggan berkomentar banyak terkait proyek pembangunan Pelabuhan Cilamaya yang saat ini menuai polemik. Bahkan, saat ditanya awal mula proyek tersebut, Indroyono malah membahas masalah lain. "Saya mau bicara yang lain," ujar Indroyono di Kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Jumat (13/3/2015).

Indroyono pun lebih memilih untuk membahas hasil kunjungannya ke Pelabuhan Teluk Lamong beberapa hari lalu. Setelah menceritakan pengalamannya itu, wartawan pun sempat kembali menanyakan masalah Cilamaya namun dia kembali enggan berkomentar. "Saya kira cukup ya," tandas Indroyono.

Sebelumnya, Indroyono sempat mengatakan bahwa pemerintah akan memakai planning analysis dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan BPPT terkait jadi atau tidaknya proyek pembangunan Pelabuhan Cilmaya.

Proyek pembangunan Pelabuhan Cilamaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terus menuai kritik. Setelah Pertamina, hari ini Anggota DPR RI, pakar migas, asosiasi nelayan, hingga SKK Migas kompak menyatakan penolakan mereka terhadap pembangunan Pelabuhan Cilamaya. Alasanya, pembangunan pelabuhan itu diyakini akan mengganggu operasional Offshore North West Java (ONWJ). Padahal, ONWJ merupakan blok migas yang menyuplai migas ke berbagai wilayah di Jawa baik suplai gas ke PLTGU Muara Karang Jakarta, minyak ke kilang Balongan Indramayu, sampai dengan suplai gas ke perusahaan Pupuk Kujang dan Semen di Karawang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com