Pembangunan Pelabuhan Cilamaya Tuai Polemik, Menko Maritim Enggan Berkomentar

Kompas.com - 13/03/2015, 19:37 WIB
Rencana lokasi pelabuhan Cilamaya sebagai penyokong kegiatan industri. KarawangIDRencana lokasi pelabuhan Cilamaya sebagai penyokong kegiatan industri.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo enggan berkomentar banyak terkait proyek pembangunan Pelabuhan Cilamaya yang saat ini menuai polemik. Bahkan, saat ditanya awal mula proyek tersebut, Indroyono malah membahas masalah lain. "Saya mau bicara yang lain," ujar Indroyono di Kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Jumat (13/3/2015).

Indroyono pun lebih memilih untuk membahas hasil kunjungannya ke Pelabuhan Teluk Lamong beberapa hari lalu. Setelah menceritakan pengalamannya itu, wartawan pun sempat kembali menanyakan masalah Cilamaya namun dia kembali enggan berkomentar. "Saya kira cukup ya," tandas Indroyono.

Sebelumnya, Indroyono sempat mengatakan bahwa pemerintah akan memakai planning analysis dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan BPPT terkait jadi atau tidaknya proyek pembangunan Pelabuhan Cilmaya.

Proyek pembangunan Pelabuhan Cilamaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terus menuai kritik. Setelah Pertamina, hari ini Anggota DPR RI, pakar migas, asosiasi nelayan, hingga SKK Migas kompak menyatakan penolakan mereka terhadap pembangunan Pelabuhan Cilamaya. Alasanya, pembangunan pelabuhan itu diyakini akan mengganggu operasional Offshore North West Java (ONWJ). Padahal, ONWJ merupakan blok migas yang menyuplai migas ke berbagai wilayah di Jawa baik suplai gas ke PLTGU Muara Karang Jakarta, minyak ke kilang Balongan Indramayu, sampai dengan suplai gas ke perusahaan Pupuk Kujang dan Semen di Karawang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.