Ihwal Manipulasi Bobot Kapal, Menko Kemaritiman Bakal Pertemukan Menhub dan Menteri KKP

Kompas.com - 13/03/2015, 19:53 WIB
Kapal-kapal ikan milik nelayan Waewole di sekitar Dermaga Waewole, Kelurahan Watu, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur berlabuh dan tidak melaut akibat cuaca buruk, Jumat (11/1/2013).  KOMPAS.com/ MARKUS MAKURKapal-kapal ikan milik nelayan Waewole di sekitar Dermaga Waewole, Kelurahan Watu, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur berlabuh dan tidak melaut akibat cuaca buruk, Jumat (11/1/2013).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorJosephus Primus


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo akan mempertemukan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam waktu dekat. Hal itu dilakukan terkait banyaknya manipulasi bobot kapal yang dinilai merugikan negara. "Saya nanti yang akan mengundang dua-duanya (Jonan dan Susi)," ujar Indroyono di Kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Jumat (13/3/2015).

Permasalahan manipulasi kapal itu diketahui setelah Kementerian Kelautandan Perikanan (KKP) gusar bukan main. Pasalnya, kapal-kapal ikan yang berkapasitas di atas 30 Gross Ton (GT) malah menggunakan alat tangkap ikan jenis cantrang. Padahal, berdasarkan Permen KP No 2 Tahun 2011, kapal di atas 30 GT tak boleh menggunakan cantrang. Soalnya, alat tangkap ikan semacam itu akan merusak biota-biota di dasar laut.

Setelah ditelisik, rupanya kapal-kapal dimaksud adalah kapal besar yang dimanipulasi dengan melakukan mark down alias pengurangan data kapasitas kapal. Alhasil, kapal yang memiliki bobot di atas 30 GT didata menjadi di bawah 30 GT. Masalahnya, kewenangan pemberian izin kapal tersebut dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.