Perusahaan Kopi Indonesia Raih Penghargaan Dunia Menyangrai

Kompas.com - 14/03/2015, 16:38 WIB
John Lee (Kiri) dan Clive Samuel (kanan) dari PT Tanamera Kopi Indonesia, Jakarta memenangkan penghargaan internasional kopi di Australia. Erwin RenaldJohn Lee (Kiri) dan Clive Samuel (kanan) dari PT Tanamera Kopi Indonesia, Jakarta memenangkan penghargaan internasional kopi di Australia.
Penulis Tri Wahono
|
EditorTri Wahono


Perusahaan kopi asal Jakarta, Tanamera Kopi Indonesia, meraih penghargaan dari Australia International Coffee Awards, di kategori roasting terbaik. Roasting adalah proses menyangrai biji kopi.

Clive Samuel, kebangsaan Inggris dan John Lee, warga Korea Selatan bekerja sebagai roaster untuk perusahaan Tanamera Kopi Indonesia, yang berada di kawasan Thamrin, Jakarta.

Keduanya mengikuti kompetisi roasting atau proses menyangrai biji kopi di acara Melbourne International Coffee Expo.

Hasilnya sangat membanggakan karena mereka berdua menyabet penghargaan bergengsi di bidang menyangrai kopi untuk tingkat internasional.

"Kami hanya menggunakan biji kopi asal Indonesia, 100 persen biji-biji kopi yang berasal dari seluruh nusantara," ujar Clive Samuel kepada Erwin Renaldi dari ABC International.

"Ini merupakaan kebangaan tersendiri karena perusahaan kopi Tanamera asal Indonesia ini umurnya baru sekitar setahun," jelas Samuel. "Sejak awal perusahaan ini didirikan memang sudah menyangrai kopi sendiri," tambahnya.

Menurut Samuel, Indonesia sebagai penghasil kopi terbesar keempat di dunia memiliki kemampuan untuk terus mengembangkan pasar biji kopi ke pasar internasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita harus terus mempertahankan dan pada akhirnya meningkatkan kualitas produk biji kopi asal Indonesia."

"Ke depannya, Indonesia pasti akan bisa menghasilkan produk kopi yang lebih baik dan terus semakin bersaing dengan produk dari negara lain," ungkap Samuel.

Samuel juga mengungkapkan bahwa pasar kopi asal Indonesia telah meningkat.

Peningkatan pasar ini seiring dengan meningkatnya kolaborasi dengan para petani kopi di Indonesia, serta hubungan kerja antara supplier dan para pedagang juga terus meluas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.