Disindir Presiden, Mendag Akui Belum "Update" Harga Beras

Kompas.com - 16/03/2015, 07:59 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

BOGOR, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengaku belum meng-update atau memperbaharui data mengenai harga beras sehingga belum melaporkannya kepada Presiden Joko Widodo. Menurut Gobel, harga beras di pasaran masih tinggi meski pun telah dilakukan operasi pasar dan penggelontoran beras miskin.

"Bukan laporannya telat, kita belum update, banyak yang keluhkan harga masih belum turun. Ke saya juga banyak, masih harga tinggi, bagaimana kualitas beras raskin," kata Gobel, di Istana Bogor, Minggu (15/3/2015) malam.

Gobel mengaku belum tahu jika para menteri harus melaporkan setiap perkembangan harga beras kepada Presiden.

"Beliau sudah sampaikan masukan, ya memang yang dilaporkan ya kita tahu," ucap dia.

Saat membuka rapat kabinet terbatas di Bogor, Minggu, Presiden Jokowi menyindir para menteri yang tidak melaporkan perkembangan harga beras kepadanya. Setelah operasi pasar dan penggelontoran beras miskin kurang lebih tiga pekan lalu, belum ada menteri yang melaporkan kepadanya mengenai perkembangan harga beras di pasar.

Oleh karena itu, Jokowi mengaku telah mengecek sendiri harga beras di pasaran. Menurut Jokowi, kenaikan harga beras hanya Rp 100 rupiah per liter setelah dilakukan operasi pasar.

"Yang pertama, yang ada di Pasar Cipinang IR3 sebelum naik harganya 7.800 naik 10.300, sekarang sudah 7.900 artinya hanya terpaut 100 rupiah. Kemudian IR 2 yang sebelumnya naik harga Rp 8.300 naik menjadi Rp10.500 sekarang sudah Rp 8400 hanya terpaut 100 dari sebelumnya," papar Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.