Tarif Listrik Bisa Naik Tiap Bulan, Pemerintah Jangan Kejutkan Rakyat

Kompas.com - 16/03/2015, 08:23 WIB
Gardu Induk milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) di Kuala Namu, Deli Serdang, Sumatra Utara, Senin (11/3/2014). KOMPAS.com/Sakina Rakhma Diah SGardu Induk milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) di Kuala Namu, Deli Serdang, Sumatra Utara, Senin (11/3/2014).
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — PT PLN (persero) diminta untuk mengumumkan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) setiap bulan sehingga masyarakat tidak terkejut akibat tarif dasar listrik yang berpotensi naik setiap bulan.

"Jangan memberikan kejutan kepada rakyat terkait harga TDL yang harus dibebankan ke rakyat," ujar anggota komisi VII DPR RI, Ramson Siagian, dalam diskusi Energi Kita, Minggu (15/3/2015).

Ramson meminta pemerintah dan PLN bisa membuat skema yang sama seperti kenaikan harga BBM. Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui alasan kenaikan TDL dilihat dari perhitungan harga minyak dunia, inflasi, dan dollar AS.

"Kalau premium sudah ada skemanya, kalau ada kenaikan di pasar global, otomatis naik. Tapi, TDL belum ada (skemanya)," papar Ramson.

Kendati tiga komponen TDL berpotensi mengalami kenaikan, pemerintah tetap harus berkonsultasi kepada DPR. Ramson menegaskan, pihak pemerintah dan PLN harus mendapat persetujuan DPR untuk menaikkan TDL. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Baca juga: Layaknya Harga BBM, Tarif Listrik untuk 8 Golongan Ini Akan Naik-Turun Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.