Kompas.com - 20/03/2015, 10:41 WIB
EditorErlangga Djumena

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Inggris tertarik untuk berinvestasi di bidang infrastruktur di Provinsi Jawa Barat, salah satunya adalah Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati di Kabupaten Majalengka.

"Hari ini kami berdiskusi tentang proyek infrastruktur, misalnya dalam bidang transportasi umum, bandara, dan pengolahan air," kata Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik usai bertemu dengan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di Gedung Sate Bandung, Kamis (19/3/2015).

Terkait ketertarikan untuk berinvestasi di Bandara Kertajati, Moazzam menuturkan pihaknya memiliki banyak perusahaan yang punya pengalaman khusus dalam proyek tersebut.

"Kami ada banyak perusahaan Inggris yang punya pengalaman khusus dan lama dalam infrastuktur, yang berbagai macam, termasuk bandara, termasuk jalan tol, gedung publik dan lain-lain. Mereka siap bekerja sama. Dan Insya Allah kalau berhasil berinvestasi dalam proyek di Jawa Barat," kata dia.

Ketika ditanyakan berapa nilai investasi yang disiapkan Inggris terkait ketertarikannya untuk berinvestasi di Jawa Barat, ia menuturkan belum mengetahui secara rinci.

"Hari ini bukan waktu yang tepat untuk berdiksui tentangg jumlah investasi yang spesifik tapi kami lihat pemerintah Jabar sangat serius, punya rencana yang bagus," kata dia.

Ia menuturkan, kunjungannya yang kedua kali tersebut pihaknya mencoba memperdalam kerjasama dengan Provinsi Jawa Barat. "Kami berdiskusi bagaimana memperdalam hubungan dan kerjasama antara Inggris dan Jawa Barat," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya akan mempelajari lebih lanjut tentang proyek infrastruktur di Jawa Barat dan berdikusi tentang publik private partnership (kerja sama kemitraan swasta dengan pemerintah).

"Itu untuk menarik investasi swasta Indonesia dan luar negeri, untuk ikut berinvestasi di sini agar menciptakan kemitraan untuk protek yang besar. Lebih cepat lebih berhasil," kata dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyambut baik rencana pemerintah Inggris yang tertarik menjajaki kerjasama di bidang infrastuktur tersebut.

"Salah satunya mereka tertarik ke Kertajati dan sekarang usai dari sini mereka akan bertemu dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tentang pengelolaan air," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.