Setelah JK, Giliran Jokowi Bertemu dengan Para Pengusaha Jepang

Kompas.com - 24/03/2015, 10:40 WIB
EditorErlangga Djumena

TOKYO, KOMPAS.com -
Setelah pekan lalu Wakil Presiden Jusuf Kalla yang bertemu dengan para pengusaha Jepang, hari ini giiliran Presiden Joko Widodo bertemu dengan para pengusaha Negeri Matahari Terbit itu.

Jokowi menggelar forum bisnis dengan para pengusaha Jepang setelah melaksanakan kunjungan kehormatan (collective courtesy call) kepada sejumlah pengusaha di negara itu.

Presiden Jokowi saat tiba di New Otani Hotel Tokyo, Selasa (24/3/2015), sebagai tempat pelaksanaan acara forum bisnis disambut Chairman Japan External Trade Organization (Jetro) Hiroyuki Ishige.

Pada kesempatan itu Presiden menggelar pertemuan kehormatan dengan para pengusaha Jepang.

Setelah itu forum bisnis dilakukan di Tsuru Ballroom, New Otani Hotel, Tokyo.

Presiden selanjutnya akan dijamu santap siap oleh Keidanren (Federasi bisnis Jepang) dan Kadin Jepang.

Sore harinya Presiden akan melaksanakan pertemuan pribadi dengan para pengusaha dari Suzuki, J Power, IHI Corp, JICA, IX NEO, dan JBIC.

Suzuki akan melaporkan perkembangan rencana investasi di Indonesia senilai 1 miliar dolar AS, J Power mengenai implementasi pembangkit listrik di Jawa Tengah, dan IHI Corp melaporkan rencana ekspansi industri perkapalan serta industri mesin.

Sedangkan JICA membahas perkembangan kerja sama bilateral, IX Neo mengenai rencana kerja sama dengan Pertamina dalam rangka pembaruan kapasitas sumur di Kalimantan Timur, dan JBIC tentang rencana pendanaan beberapa proyek infrastruktur dan energi.

Presiden berada di Jepang pada 22-25 Maret untuk kunjungan kenegaraan yang akan dilanjutkan ke Tiongkok dan Malaysia hingga 29 Maret 2015.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengawali kunjungan kerjanya di Jepang dengan menggelar pertemuan bisnis, one on one meeting dengan empat pemimpin perusahan di Jepang. Pertemuan berlangsung sesaat setelah tiba di Tokyo, Jumat (13/3/2015).

Pertemuan berlangsung di Hotel Imperial Tokyo. Satu persatu pemimpin perusahaan di Jepang yakni Toyota Motor Coorporation, Inpex, Mitsui, dan Tokyo Gas, bertemu dengan Jusuf Kalla.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.