Kompas.com - 26/03/2015, 15:20 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah mengklaim saat ini sudah mengoperasikan dua rute pelayaran yang masuk dalam proyek tol laut Jokowi. Dua rute itu adalah Sorong- Waisai dan rute Surabaya-Makassar.

Direktur Transportasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Bambang Prihartono mengatakan, dua rute pelayaran tersebut sudah melayani pelayaran berjadwal dengan rute pendek. "Sudah melayani angkutan manusia dan logistik oleh PT Pelni," kata Bambang, Kamis (26/3/2015).

Bambang berharap, operasi tol laut di ke dua rute tersebut bisa mendorong perusahaan swasta untuk berani melayani rute-rute berjadwal lain. Seperti diketahui, program tol laut menjadi salah satu visi Presiden Jokowi untuk menekan biaya logistik. Program ini juga diharapkan akan menyatukan wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau.

Pemerintah berancana akan membangun 24 pelabuhan untuk mendukung proyek tersebut. Dari catatan Bappenas, anggaran yang dibutuhkan untuk membangun 24 pelabuhan tersebut mencapai Rp 39,5 triliun.

Sebanyak 24 pelabuhan akan dibangun, yakni di Banda Aceh (Rp 1 triliun), Kuala Tanjung (Rp 3 triliun), Belawan (Rp 3 triliun), Dumai (Rp 1,5 triliun), Batam (Rp 3 triliun), Padang (Rp 1,5 triliun), Pangkal Pinang (Rp 1,5 triliun), dan Panjang (Rp 1,5 triliun).

Adapun pelabuhan yang dibangun di Pulau Jawa adalah Tanjung Priok, Cilacap, dan Tanjung Perak, masing-masing Rp 1,5 triliun. Untuk Kalimantan, pelabuhan akan dibangun di Pontianak (Rp 1,5 triliun), Palangkaraya (Rp 1 triliun), Banjarmasin (Rp 1,5 triliun), serta Maloy (Rp 1 triliun).

Pelabuhan lainnya akan berada di Lombok, Kupang, Makassar, masing-masing Rp 1,5 triliun; serta Bitung (Rp 3 triliun); Halmahera (Rp 1,5 triliun); Ambon (Rp 1 triliun); Sorong (Rp 1,5 triliun); Jayapura (Rp 1 triliun); serta Merauke (Rp 1,5 triliun). (Agus Triyono)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.