Kompas.com - 27/03/2015, 16:35 WIB
Ilustrasi kebun kelapa sawit AFP PHOTO / ROMEO GACADIlustrasi kebun kelapa sawit
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur Papua, Lukas Enembe mengatakan pihaknya menyiapkan 15.000 hektar hutan tanaman industri (HTI) untuk dijadikan kebun energi.

“Kami punya 15.000 ha hutan untuk energi, bisa jadi bioenergi. Pohonnya jenis apapun,” kata dia ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (27/3/2015).

Menurut Lukas, kebun energi yang seluas 15.000 ha tersebut bisa digunakan untuk menghasilkan energi untuk pembangkit listrik hingga 10 megawatt. Untuk mengembangkan kebun energi ini, pihaknya meminta mesin-mesin produksi pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Investasinya belum dihitung. Tapi kementerian memang punya program nasional untuk kebun energi. Mesinnya kami minta 100 persen dari pusat,” lanjut Lukas.

Sementara itu, pemda Papua menyediakan lahan di Kerong, Papua seluas 15.000 ha tersebut. Diperkirakan, pengerjaan kebun energi baru bisa dimulai pada 2017.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.