Sambangi Kemenhub, Pertamina Sampaikan Keberatan Terkait Pelabuhan Cilamaya

Kompas.com - 27/03/2015, 16:39 WIB
Rencana lokasi pelabuhan Cilamaya sebagai penyokong kegiatan industri. KarawangIDRencana lokasi pelabuhan Cilamaya sebagai penyokong kegiatan industri.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto menyambangi kantor Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan di kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (27/3/2015).

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, dalam pertemuan tersebut, Pertamina menyampaikan keberatannya kepada Kementerian Perhubungan terkait rencana pembangunan Pelabuhan Cilamaya, Karawang, Jawa Barat.

"Tetap (keberatan dibangun pelabuhan di Cilamaya), jadi posisi kami tetap seperti itu, dan upaya kita adalah ke Pak Menteri (Jonan) menyampaikan berbagai perhatian kita," ujar Wianda seusai pertemuan tersebut.

Lebih lanjut, kata dia, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan bisa mengerti berbagai alasan keberatan Pertamina tersebut. Sebagai solusi, Pertamina pun mengusulkan pemindahan lokasi pembangunan pelabuhan tersebut ke Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

Berbagai poin penting keberatan Pertamina itu pun disampaikan ke Jonan, di antaranya keyakinan Pertamina bahwa rencana pemerintah membangun pelabuhan di Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, itu akan mengganggu operasional Blok Migas Offshore North West Jawa (ONWJ) yang dikelola anak usaha PT Pertamina.

Menurut Pertamina, jika pemerintah membangun Pelabuhan Cilamaya, maka pipa-pipa itu rawan tertabrak kapal. Akibatnya bisa fatal, ledakan besar bisa terjadi karena hal tersebut.

Belum lagi, ONWJ memiliki peran besar memberikan suplai minyak dan gas ke kawasan lain di Jawa. Selain itu, dampak lahan pertanian semakin berkurang pun disampaikan Pertamina ke Jonan. Dengan berbagai pertimbangan itu, Pertamina menyatakan tetap berkeberatan apabila rencana pembangunan pelabuhan tersebut jadi dilaksanakan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.