Polemik Pelabuhan Cilamaya, Kemenhub Tak Korbankan Pertamina

Kompas.com - 27/03/2015, 18:58 WIB
Rencana lokasi pelabuhan Cilamaya sebagai penyokong kegiatan industri. KarawangIDRencana lokasi pelabuhan Cilamaya sebagai penyokong kegiatan industri.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyakinkan Pertamina bahwa pembangunan Pelabuhan Cilamaya tak akan mengorbankan kepentingan siapa pun termasuk Pertamina.

Oleh karena itu, Jonan meminta Pertamina tak perlu terlalu khawatir atas pembangunan pelabuhan persebut.

"Tadi Pak Menteri menyampaikan itu bahwa Pertamina tidak perlu khawatir akan pembangunan itu. Kalau pun itu berjalan (pembangunannya), Pak Menteri memahami itu dan ini pasti tidak akan ada yang dikorbankan (Pertamina)," ujar Staf Khusus Menhub Hadi M. Djuraid di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (27/3/2015).

Menurut Hadi, Menhub Jonan sudah mengatakan kepada Pertamina bahwa pembangunan Pelabuhan tersebut diserahkan kepada pihak swasta. Oleh karena itu, Kemenhub menegaskan kepada pihak swasta yang berminat membangun pelabuhan tersebut harus siap membiayai semua dan mempertimbangkan biaya-biaya yang diakibatkan oleh pembangunan tersebut, termasuk biaya yang harus ditanggung oleh Pertamina.

Sampai saat ini belum ada satu pun pihak swasta yang menyatakan minat yang kongkrit kepada Pembangunan Pelabuhan Cilamaya. Kalaupun nantinya ada pihak swasta yang tertarik dan memenangi tender tersebut, maka pihak swasta tersebut harus siap membiayai semua proyek termasuk biaya dari terdampaknya operasional Blok Migas Offshore North West Jawa (ONWJ) yang dikelola Pertamina.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.