Kompas.com - 29/03/2015, 10:11 WIB
EditorErlangga Djumena

SYDNEY, KOMPAS.com - Chevron Corporation (Chevron) berencana menjual 50 persen saham Caltex Australia Ltd. (Caltex) kepada investor strategis. Dari aksi korporasi ini, Chevron berharap mengantongi uang tunai sebesar 4,6 miliar dollar Australia atau setara 3,6 miliar dollar AS.

Seperti diwartakan Bloomberg, Jumat (27/3/2015), harga penjualan yang diajukan Chevron lebih rendah 10 persen dari harga saham Caltex saat penutupan perdagangan di bursa Australia pada sehari sebelumnya senilai 34,20 dollar Aus per saham.

Asal tahu saja, harga saham Caltex melonjak hingga 74 oerseb di bursa saham Australia terhitung sejak 12 bulan terakhir. Saat ini, Caltex mengoperasikan dua ladang minyak di Australia. Lokasi kilang berada di wilayah New South Wales, dan Queensland.

Chevron akan terus melakukan divestasi aset sampai tahun 2017. John Watson, Chief Executive Officer (CEO) Chevron mengatakan, tahun ini  pihaknya berusaha menekan beban operasional senilai 35 miliar dollar AS. (Yuwono Triatmodjo)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.