Kompas.com - 31/03/2015, 09:10 WIB
Teller di tempat penukaran uang PT Ayu Masagung, Jakarta, menghitung uang dollar AS milik nasabah sebelum ditukar ke rupiah, Kamis (12/3/2014). Nilai tukar dollar AS masih bertahan di atas Rp 13.000 pada penjualan kemarin. KOMPAS / TOTOK WIJAYANTOTeller di tempat penukaran uang PT Ayu Masagung, Jakarta, menghitung uang dollar AS milik nasabah sebelum ditukar ke rupiah, Kamis (12/3/2014). Nilai tukar dollar AS masih bertahan di atas Rp 13.000 pada penjualan kemarin.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai tukar rupiah diperkirakan masih dalam fase tekanan pelemahan, Selasa (31/3/2015). Indeks dollar AS kembali melesat. Indeks dollar AS berhasil menguat tajam hingga dini hari tadi setelah data penjualan rumah dan belanja rumah tangga AS lebih naik daripada periode sebelumnya.

Di sisi lain, baik euro, yen, minyak, maupun emas sama-sama melemah cukup tajam. Inflasi Jerman yang lebih baik belum mampu mendorong penguatan euro. Angka pengangguran serta ekspektasi inflasi Zona Euro ditunggu sore ini. Angka yang buruk bisa menambah dorongan pelemahan euro.  

Di pasar spot pagi ini, rupiah kembali melorot hingga ke kisaran 13.100. Seperti dikutip dari data Bloomberg pukul 08.21 WIB, mata uang Garuda melemah ke posisi Rp 13.103 per dollar AS dibanding penutupan sebelumnya, 13.075.

Kemarin rupiah berhasil stabil di kisaran Rp 13.000 per dollar AS walaupun dollar AS menguat cukup tajam di Asia. Hampir semua mata uang di Asia melemah dengan rata-rata pelemahan sebesar 0,5 persen hingga Senin (30/3/2015) sore.

IHSG berhasil menguat tajam kemarin walaupun aksi jual masih terlihat di pasar SUN.

Menurut Riset Samuel Sekuritas Indonesia, tekanan terhadap rupiah berpeluang menjadi lebih hebat hari ini melihat penguatan indeks dollar AS yang semakin konsisten.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.