Kuartal-I, Pertamina Klaim Lakukan Efisiensi Rp 624 Miliar

Kompas.com - 31/03/2015, 11:32 WIB
Pertamina Kompas.comPertamina
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - BUMN migas PT Pertamina (Persero) melaporkan penghematan ataua upaya efisien sepanjang 2015 mencapai 48 juta dollar AS atau sekitar Rp 624 miliar (kurs Rp 13.000 per dollar AS).

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, efisiensi ini diperoleh dari mekanisme pengiriman bahan bakar minyak (BBM) yang tadinya menggunakan cost and freight menjadi free on board (FoB) dan penghematan dari biaya Letter of Credit (L/C).

“Penghematan Januari-Februari sebesar 22 juta dollar AS,” kata Wianda kepada wartawan, Selasa (31/3/2015).

Selain itu, efisiensi juga diperoleh dari sentralisasi pengadaan BBM baik mentah maupun produk, serta pengadaan barang dan jasa. Tadinya pengadaan BBM dan barang/jasa terpisah, lalu dilakukan sentralisasi.

“Dengan sentralisasi ini penghematan Januari-Maret sebesar 26 juta dollar AS,” ucap Wianda.

Pagi ini direksi Pertamina, Dwi Soetjipto mengikuti rapat dengan Menteri ESDM Sudirman Said, dan Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno.

Rapat dimulai sekitar pukul 09.30, dan berlangsung kurang lebih satu jam lamanya. Usai rapat, baik Dwi, Sudirman, maupun Rini langsung meninggalkan gedung Kementerian ESDM tanpa memberikan informasi.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.