Kompas.com - 31/03/2015, 17:41 WIB
|
EditorJosephus Primus

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tak main-main untuk mewujudkan cita-citanya menuju swasembada garam nasional. Pada tahun ini, ia mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi 50 persen importasi garam. “Untuk garam, Bu Susi sudah memutuskan tahun ini impor garam dipangkas 50 persen,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau kecil (KP3K), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sudirman Saad, Jakarta, Selasa (31/3/2015).

Sudirman mengatakan, sepanjang 2014 lalu Indonesia mengimpor sekitar 2 juta ton garam industri, hampir 50 persen dari kebutuhan sebesar 3,9 juta ton. Sudirman mengatakan, untuk merealisasikan itikad menterinya itu, pihak KKP akan berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

Di sisi lain, untuk menutupi kekurangan pasokan garam industri, KKP akan mendorong PT Garam untuk memproduksi garam industri dari program usaha garam rakyat. Tahun ini KKP akan berfokus pada intensifikasi tambak-tambak garam sekitar 10.000 hektar. Nantinya, produksi per hektar bakal digenjot hingga mencapai 100 ton. “Sehingga kita bisa swasembada garam. Nanti kita di-back-up oleh PT Garam karena mereka baru saja dapat Penyertaan Modal Negara Rp 350 miliar. Tentu saja PT Garam harus memproduksi garam,” pungkas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.